Hal ini juga berhubungan dengan Modalitas belajar atau gaya belajar. Pertanyaan yang muncul ialah apakah itu modalitas belajar dan gaya belajar ?. Penyataan ini sering muncul dalam pembelajaran yaitu bagaimana agar siswa sebagai faktor pendukung dari pendidikan,menemukan cara menjadi siswa yang memiliki kecerdasan akademik, dan bukan apakah siswa sudah pada dasarnya memiliki kecerdasan. Disinilah akan terjawab pernyataan tersebut bagaimana menjadikan siswa cerdas,tentu saja tidak mudah karena untuk menjadikan siswa cerdas dibutuhkan pengetahuan yang lebih dari seorang guru untuk menemukan bagaimana sesungguhnya cara belajar yang digunakan siswa agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara efektif dan bisa memuaskan untuk guru ataupun siswa itu sendiri. Sudah jelas bahwa Modalitas belajar atau gaya belajar merupakan cara belajar yang dimiliki setiap siswa didalam kelas atau bisa juga disebut tipe belajar.
Gaya belajar atau tipe belajar itu sendiri sangatlah penting diketahui oleh guru,sebab dengan tipe belajar atau gaya belajar itu sendiri guru dapat dengan mudah menemukan bagaimana cara mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa itu sendiri.Maksud dari pernyataan tersebut seberapa besar kemampuan guru untuk memadukan gaya mengajar dengan gaya belajar siswanya.Adapun hal yang harus diperhatikan oleh seorang guru untuk memadukan gaya belajar siswa dengan gaya mengajar guru( Morrison dan Ridley:Marsh,2005:63) yaitu sebagai berikut:
- Bagaimanakan cara mengembangkan konsep pribadi setiap siswa?
- Bagaimanakah cara mengembangkan motivasi siswa?
- Bagaimanakah caranya agar gaya mengajar guru sesuai dengan perbedaab individual setiap siswa dalam kebutuhan,minat,kemampuan, dan keterampilannya?
- Bagaimanakah caranya agar gaya mengajar guru dapat mengembangkan gaya belajar individu siswa dan sesuai dengan laju pembelajaran.
Referensi :
Suyono & hariyanto,2011,Belajar dan Pembelajaran, Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Apa komentar anda?