Islamic Painting Club

Islamic Painting Club
Karya : GUNUNG SUKATON, Pengelola SEKAR IMAGE

Minggu, 04 Oktober 2020

TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP

TRANSFORMATIONAL LEADERSHIP

 Oleh Jamil Azzaini, CEO Kubik Leadership

Istilah transformational leadership dipopulerkan oleh MacGregor Burns, melalui bukunya “LEADERSHIP”, New York: Harper & Row, 1978. Kepemimpinan transformasional terjadi ketika seorang (atau lebih) berhubungan dengan orang-orang lain sedemikian rupa sehingga para pemimpin dan pengikut saling mengangkat diri untuk sampai kepada tingkat-tingkat motivasi dan moralitas yang lebih tinggi (Burns, 1978, hal. 20).

Dalam kepemimpinan transformasional ada semacam kesadaran antara pemimpin dan yang dipimpin untuk sama-sama bertumbuh menjadi lebih baik. Mereka melakukan sesuatu bukan karena bayaran atau take and give, tetapi mereka sama-sama give. Untuk itulah, lawan dari transformational leadership adalah transaksional leadership. Dalam jangka panjang, transformational leadership ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang lebih baik. Dengan kata lain: pemimpin melahirkan pemimpin.


untuk menjadi pemimpin yang transformational dengan melatih beberapa hal. Pertama, milikilah keberanian untuk menjadi agen perubahan. Segera tetapkan visi yang jelas dan menantang dan ajaklah tim Anda untuk mewujudkan visi tersebut. Ajak semua pihak untuk terus berubah dan berjuang mewujudkan visi yang telah Anda tetapkan. Dalam situasi seperti ini, pasti ada orang-orang yang ingin menikmati status quo, dan Anda harus berani menghadapi mereka.

Kedua, berilah tim Anda kepercayaan. Saat ini, seorang pemimpin bukan lagi menjadi raja seperti dimasa lalu. Menjadi penentu dalam banyak hal. Berikanlah kesempatan kepada tim Anda untuk berinovasi dan berimprovisasi melakukan berbagai aksi. Pemimpin transformational yang baik tidak harus tahu dan terlibat di semua kegiatan timnya. Percayalah, tim Anda tahu kemana harus melaju dan tugas Anda memotivasi dan memberi inspirasi kepada mereka untuk terus bergerak maju.

Ketiga, teruslah belajar dan tidak malu terhadap kesalahan. Kesalahan adalah sumber belajar bukan sumber saling mencaci. Tim Anda yang tidak pernah salah bukan berarti yang paling hebat, boleh jadi ia yang paling tertinggal. Bila salah, ya perbaiki,

Semoga bermanfaat ya tulisan pak Jamil yang saya petik dari website beliau, semoga belia ridho

Salam perjuangan, Allahu Akbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa komentar anda?