Islamic Painting Club

Islamic Painting Club
Karya : GUNUNG SUKATON, Pengelola SEKAR IMAGE

Senin, 21 Desember 2020

MEMBANGUN KEPRIBADIAN ISLAM CARA NABI

 MEMBANGUN KEPRIBADIAN ISLAM

Oleh : G. Sukaton


1989 Stephen R. Covey, merilis sebuah buku pengembangan diri berjudul Seven Habits,Tujuh Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif. Terjual lebih dari 15 juta kopi dalam 38 bahasa sejak dipublikasikan, ditandai dengan dirilisnya edisi ulang tahun ke-15 tahun 2004. Covey menyajikan pendekatan untuk menjadi efektif dalam mencapai tujuan dengan menyelaraskan diri pada apa yang dia sebut sebagai prinsip etika karakter yang menurutnya universal dan abadi.

Beruntunglah kaum muslimin yang mencinati Rasulullah Saw dan berupaya sungguh-sungguh untuk mencontoh perilaku nya sehari-sehari. 

Ya, tidak kurang dari 1.400 tahun lalu, jauh sebelum Stephen R. Covey lahir kedunia, Nabi Muhammad Saw sudah memberi contoh pola hidup dan habit yang menjakjubkan, tidak saja membuat sehat -sehingga semasa hidup nya tidak pernah sakit-, tapi juga membuat “hidup menjadi lebih hidup”. Inilah 7(tujuh) kebiasaan Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya yang dapat membangun kepribadian manusia menjadi istimewa.

1. Bersegera ke Masjid untuk shalat berjamaah

Habit(kebiasaan) ini tentu seruan khas untuk kaum adam, sementara kaum hawa bisa bersegera sholat pada waktunya di rumah saja, itu lebih utama bagi nya. Inilah rahasia membangun sikap disiplin tingkat tinggi yang akan membuat nya menjadi umat terbaik(Khoiru Ummah) di muka bumi.

2. Shalat Tahajud

Ini adalah kebiasaan Rasulullah yang tidak pernah ditinggalkan nya sampai akhir hayat selama menjadi Nabi dan Rasul. Berduaan dimalam sunyi di peluk Dzat yang Maha Suci. Pantas kalau Rasulullah enggan meninggalkan moment ini. Maka bila kita mampu mencontoh nya insya Allah akan menangkat derajat kita dihadapan Allah diatas manusia yang lain. Inilah cara membangun kedekapan pribadi dengan al Kholiq agar kita mendapat tempat istimewa di sisi Nya.

3. Shalat Dhuha

Bisa dilakukan mulai jam 06 s/d setengan jam sebelum dzuhur

4. Membaca Qur’an setiap hari

Nikmatilah betapa dahsyatnya sensasi saat membaca larik-larik “surat cinta” yang dikirim dari Yang Maha Pencinta”, dan Dzikir yang paling utama adalah membaca al Qur’an dengan tartil, agar setiap huruf menjadi saksi saat di hisab.

5. Sedekah

Dalam matematika sedekah, diketahui bahwa sesungguhnya harta kita yang akan kekal abadi adalah yang disedekahkan dengan ikhlas. Itulah yang akan menyelamatkan kita nanti dari hisab Allah yang Maha Cepat dan Akurat.

6. Menjaga wudlu

Dengan terjaganya wudlu kita dari yang membatalkan, maka insya Allah dapat menahan kita dari perbuatan maksyiat. Sehingga mata, telinga, dan hati terjaga pula dari kerusakan. Ini juga dapat mengantarkan kita pada Syurga Allah. 

7. Istighfar setiap saat, 

Rasulullah SAW tidak pernah kurang dari 70-100 kali beristighfar dalam sehari. Lafaz istighfar ada 3:

1. Lafaz “Astaghfirullaah” .

أَسْتَغْفِرُ الله


2. Lafaz " Subhaanallaahu wa Bihamdihi Astaghfirullaah wa Atubu Ilaih ".


سُبْحَانَ اللهُ وَبِحَمْدِهِ، أَسْتَغْفِرُالله وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

3. Lafaz Sayyidul Istighfar .


اللهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ، لآ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ لَكَ بِذَنْبِيْ، فَاغْفِرْلِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ


" Ya Allah Engkaulah Tuhan-ku. Tiada Tuhan уаng berhak diibadahi ԁеngаn benar ѕеӏаіn Engkau. Engkau yаng tеӏаһ menciptakanku, ԁаn aku аԁаӏаһ Hamba-Mu. Aku аkаn mеnјаgа janji-Mu sebaik уаng aku mampu. Aku berlindung kepada-Mu ԁагі keburukan segala уаng aku perbuat. Aku kеmbаӏі kepada-Mu ԁеngаn (mengakui) segala nikmat-Mu kepadaku. Dаn akupun kеmbаӏі kepada-Mu ԁеngаn (mengakui) sеmuа dosaku. Maka ampunilah aku. Kагеnа sesungguhnya tiada уаng bіѕа mengampuni dosa-dosa ѕеӏаіn һаnуа Engkau ".

Insya Allah dengan beristighfar setiap saat maka dosa-dosa kita akan terus berguguran.


Demikianlah tauladan Rasulullah Saw. pada umatnya untuk membangun kepribadian Islam, 

Wallahu ‘alam bishshawab.


Sirnagalih, 16 Desember 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa komentar anda?